Resume ke 28


 Resume KBMN ke 28

Hari/Tgl         : Senin, 13 Maret 2023

Waktu            : Pukul 19.00 - 21.00

Tema              : Tekhnik Promosi Buku

Narasumber : Akbar Zainuddin, MM. MNE

Moderator     : Sim Chung Wei, SP

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaikum wr. wb

Alhamdulilah, segala puji bagi Alloh yang telah memberikan begitu banyak nikmat yang tak terhingga, Sholawat dan salam terucap selalu bagi nabi besar Muhammad SAW,  juga para, sahabat beliau. 

Malam ini, Alhamdulillah para peserta KBMN telah sampai pada pertemuan ke 28.Sungguh sebuah proses belajar yang menambah pengalaman dan wawasan kami, sehingga membuat warna tersendiri bagi kami dalam semangat berliterasi.

Dalam pertemuan kali ini, yang akan menjadi narasumber adalah Bapak Akbar Zaenudin, MM. MNE seorang penulis buku best seller "Man Jadda WA Jadda".Kemudian yang bertindak sebagai moderator adalah Bapak Sim Chung Wei, SP . 

Bapak Akbar memulai paparan dengan menyampaikan " Apa yang disebut Promosi

Promosi adalah cara seorang penjual untuk menyebarkan informasi tentang sebuah produk agar orang yang melihat tertarik untuk membeli. Promosi ini penting dilakukan karena sebagus apapun sebuah buku tidak akan dihargai jika tidak sampai ke kepada pembaca. 
Secara umum, promosi bertujuan memberi informasi tentang buku yang ditawarkan, membangkitkan kebutuhan akan membaca, meyakinkan audien agar membeli, meyakinkan audien untuk merekomendasikan buku yang akan ditawarkan kepada pembaca. 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mempromosikan buku :

1. Launching buku

Tempat: 
Dalam hal ini tempat tempat yang dapat digunakan untuk launching buku yaitu :sekolah, tempat ibadah, mall, hotel, lembaga pendidikan bahkan lewat online FB, Ig, Youtube, Twitter, Tiktok.

Penyelenggara secara tekhnis mempertimbangkan masalah  pendanaannya apakah dari penerbit atau gabungan dengan penulis atau ada sponsor lain,atau bekerja sama dengan lembaga pemerintah.

Waktu: perlu dipikirkan waktu dimana banyak orang senggang agar orang bisa hadir,misalnya waktu libur sekolah, hari-hari libur nasional, kenaikan kelas, dll. Untuk on air, bisa dilakukan mingguan atau bulanan atau kapanpun penulis punya waktu. Dalam hal ini sebaiknya dilakukan secara berkala dengan jeda yang sesuai.

2. Bedah buku

Bedah buku ini berupa diskusi tentang isi buku yang sedang dipromosikan. Bedah buku bisa dilakukan secara off line dan online.

3. Seminar

Untuk kegiatan awal disarankan acara digelar gratis karena targetnya hanya untuk memperkenalkan buku. Kegiatan ini bisa dilakukan secara berkelanjutan. Apapun judul buku bisa dibuat seminar. Buku Man Jadda wa Jadda misalnya, penulis membuat seminar motivasi yang mengabarkan indahnya hidup di pesantren, 

4. Membangun komunitas

Komunitas ini digunakan  sebagai wadah untuk menyebarkan berbagai informasi. Nama komunitas bisa disesuaikan dengan tema buku yang sedang dipromosikan.Komunitas juga bisa untuk membentuk keterikatan emosional pembaca dengan buku. Pak Zaidul Akbar membentuk banyak komunitas motivasi dan memposting materi-materi atau mengadakan webinar buku yang ditulisnya. 

5. Membangun jaringan reseller

Reseler adalah orang yang membantu menjualkan buku yang mendapat keuntungan dari harga buku. Reseler yang baik juga membantu promosi buku dengan menyebarkan informasi terkait buku sehingga penjualan bukupun bisa meningkat. Rata-rata keuntungan reseler sekitar 20% - 30%. 

6. Membuka market place

Banyak marketplace papan atas yang punya jutaan pengikut, misalnya Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia dsb. 

7. Memanfaatkan media sosial

Aktif memposting buku di Facebook, IG, twitter, tiktok dan sejenisnya akan memperlebar kemungkinan terjualnya buku. Konsisten dalam waktu dan konten meningkatkan rekognisi publik terhadap produk buku yang ditawarkan.  

8. Ngrobrol dengan teman

Ini juga bisa membuka peluang terjualnya buku. Dalam obrolan ini gunakan bahasa yang bisa menimbulkan kebutuhan orang akan membaca.

Sebagai catatan Penulis perlu membentuk personal branding untuk dirinya agar dikenal masyarakat sebagai spesialis dalam keilmuan tertentu, misalnya motivator, novelist, ahli pemasaran, ahli ilmu agama, pendidik, trainer, dll.  

Penulis juga sebaiknya mempunyai beberapa keterampilan yang bisa membantu terjualnya buku.

Diantaranya yaitu :
 1.Keterampilan public speaking. Hal ini penting untuk mengisi acara langsung atau lewat media sosial.
2.Keterampilan copywriting atau membuat kaya yang menarik untuk promosi dan penjualan. 
3.Kemampuan memanfaatkan teknologi informasi yaitu trampil dalam memposting konten di youtube, zoom, WA, IG atau platform lainnya. 

Beliau menambahkan untuk mempelajari lebih lanjut tentang promosi buku,dapat dllihat video beliau berjudul 7 Cara promosi Buku .  

Demikian resume ini saya buat, semoga bermanfaat, dan makin memberikan motivasi dalam membuat karya literasi. 
Wassalamu'alaikum, wr. wb

Salam Literasi. 
 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi Modul 2.3 Mulai dari diri