Resume KBMN ke 20
Hari / Tanggal : Rabu, 22 Februari 2023
Waktu : Pukul. 19.00 - 21.00
Narasumber : Agust
Subardana, SE, M. M
Moderator : Purbaniasta KS,
Materi : Pemasaran Buku.
Bismilahirohmanirohim
Assalamualaikum.wr.wb.
Alhamdulillahirobbil alamin, Segala Puji bagi Alloh yang telah melimpahkan segala nikmat dan rahmatNya bagi kita semua. Sholawat serta salam selalu tercurahkan bagi nabi besar Muhammad SAW.
Alhamdulillah, tak terasa waktu makin merambat tiada henti hingga kita sampai pada pertemuan KBMN ke 20. Kali ini yang menjadi narasumber adalah Bapak Agust Subardiana dan yang bertindak sebagai moderator adalah Ibu Purbaniasta.
Ibu Purbaniasta yang disapa mbak Sita hadir menyapa peserta, beliau menyampaikan sosok narasumber yaitu Bapak Agust Subardiana,S.E,M.M atau yang biasa dipanggil bapak Agus.Beliau adalah Direktur dan Marketing penerbit ANDI.Selama 18 tahun 2 bulan berkecimpung dalam dunia penerbitan. Pernah men jadi Dosen Tidak Tetap selama 4 tahun di STIE Wiyata Mandala Jakarta. Dan riwayat Pendidikan beliau adalah lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran.
Kemudian Moderator pertemuan dibagi menjadi 4 sesi yaitu : Pembukaan, Pemaparan materi, Tanya jawab dan Penutup.
Pak Agus membuka pertemuan dengan membawakan pantun :
" Singgah sebentar di rumah kerabat.Meminta buah apel dan Pisang Banana. Untuk hadirin Bpk Ibu Guru yang Hebat. Salam Hormat dari saya Agust Subardana
Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak-anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Sedangkan strategi pemasaran dilakukan untuk mempertahankan industri penerbitan buku. Untuk itu diperlukan sebuah strategi npemasaran. Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Hal ini dapat dilihat dari jenis-jenis buku yang diterbitkan. Lalu dikelompokkan menjadi kategori buku yang berjumlah 32 . (kategori buku anak, bisnis, pertanian, fiksi, novel, dan pengembangan diri)
Strategi pemasaran umumnya dipengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Micro yaitu perantara, pemasok dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu Demografi, ekomini,politik-hukum, tekhnologi-fisik dan sosial budaya.
Pak Agust menyampaikan strategi penerbit ANDI Offset yang sudah termasuk Industri Penerbitan Buku, dengan usianya yang telah mencapai 43 tahun dan menerbitkan lebih dari 20.000 judul buku yang dikelompokkan menjadi 32 kategory yaitu :
Pemasaran Buku Serangan Udara dan pemasaran serangan darat.dengan penjelasan sebagai berikut :
1.Strategi Pemasaran buku serangan udara yaitu : On -line yaitu melalui internet, dengan memanfaatkan media online. Dan jenis-jenis digital marketing yang ditetapkan adalah :
1.Content marketing tujuannya menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial dari blog,podcast,infografik.
2.Search Engine Optimization(SEO)
3.Searc Engine Marketing (SEM)
4.Social Media Marketing
5.Email
6.Instant Messaging Marketing
7.Influencer Marketing
8.Video Marketing
9. Penerbit ANDI Offset mempunyai Chanel Youtube TV ANDI AKADEMI.
10. Pemaran buku melalui Komunitas
B. Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (OF LINE ) yaitu melalui
1. Penerbit Buku
2. Direct Selling/kunjungan langsung.
3.Melakukan event-event
Sesi selanjutnya adalah tanya jawab, dan banyak pertanyaan yang sangat beragam dari peserta, untuk memperdalam pengetahuan terhadapa materi, dan di jawab oleh narasumber.
Pertemuan kemudian ditutup dengan sebuah pantun oleh pak Agust :
Manis kehidupan adalah rupa ujian. Hatilah yang harus selalu sadar menempatkan. Jenis tulisan adalah cara penyampaian. Pilihlah yang membuatmu merasa nyaman.
Demikian resume ini, semoga makin menambah pengetahuan dan membuahkan semangat dan motivasi untuk selalu menghasilkan karya yang bermanfaat.
Wassalamualaikum, wr.wb
Salam Literasi
Komentar
Posting Komentar