Resume ke 19
Resume  KBMN ke 19
Hari /Tanggal     : Senin, 20 Februari 2023
Waktu                  : Pukul. 19.00 - 21.00
Narasumber       : Dr. Mudafiatun Isriyah, M. Pd
Moderator           : Mutmainah
Peserta                 :  Esti Fortuna Nindyah

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaikum wr. wb
Alhamdulillah kini susah menginjak pada pertemuan ke 19 kelas KBMN yang makin membuat kita penasaran akan beragamnya kedalam an ilmu literasi dari para narasumber hebat kita. 
Pada malam ini yang menjadi narasumber adalah ibu Dr. Mudafiatun Istirahat dan yang menjadi moderator adalah ibu Mutmainah

Pertemuan diawali dengan pembukaan oleh On Jay yang menyampaikan kalimat motivasi dalam membuat Resume Ikatlah ilmu dengan cara menuliskan nya. 
Kemudian moderator malam ini yaitu Mutmainah atau yang biasa di sapa dengan panggilan Emut Lebak. Beliau membagi pertemuan dengan 4 sesi yaitu :
1.Pembukaan
2.Paparan materi
3.Tanya Jawab
4.Penutup
Beliau pun menampilkan biodata narasumber kita yaitu ;
Beliau bernama Dr. Mudafiatun Istirahat, M. Pd
Beliau adalah seorang Konselor, Dosen, Penulis, Asesor BAN PAUD dan PNF - Konselor, Dosen, Penulis, Asesor BAN PAUD dan PNF

Sebagai konselor dan penulis. Dipercaya menjadi asesor BAN PAUD Jatim sampai sekarang. Lulus cum laude prodi PAUD UNESA Surabaya dan melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang untuk meraih gelar doktor Bimbingan dan Konseling. Buku yang pernah ditulis antara lain: 

Peran Guru dan Orangtua sebagai Pusat Sumber Belajar, Antologi Social Presence Kunci Sukses Distance Learning, Trik Menulis di Kala Sibuk, Model Bimbingan Online untuk Meningkatkan Social Presence Mahasiswa PJJ, Implementasi Sosial Presence dalam Bimbingan Online, dalam konteks Perspektif Komunikasi Personal, Interpersonal dan Impersonal, Literasiku dalam Bimbingan dan Konseling dan yang saat ini proses isbn penerbit Mayor berjudul: PRAKTIK KONSELING  (PADA FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI EFIKASI AKADEMIK SISWA)

Aktif pula dalam organisasi ABKIN dan sebagai narasumber menulis buku, mendapatkan penghargaan perpusnas sebagai penulis buku terbaik 1 tahun 2021 dalam tema Pendidikan Jarak Jauh. 
Penulis dapat dihubungi melalui:https://www.kompasiana.com/mudaisriyah/dashboard/write

Ibu Mudafiatun pun memulai menyapa peserta dan menampilkan paparan nya yaitu bagaimana menata materi bahan ajar dengan mudah. Materinya adalah :
1.Bahan Ajar VS Buku ajar
2.Pentingnya Bahan ajar dalam pembelajaran. 
3.Buku ajar dan buku hasil penelitian. 
4.Cara penulis an buku ajar
5. Prinsip prinsip Pemilihan Bahan Ajar. 

Bahan Ajar VS Buku Ajar

Sebagai penulis buku, sebelum memulai untuk menulis sebuah buku hal yang perlu diperhatikan adalah menguasai  ilmu  berbahasa, dan paling utama komitmen  

Bahan ajar

1. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. 

2. Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis. 

3. Bahan Ajar Cetak meliputi :

• Buku Teks, 

•Buku Referensi, dan Monograf, 

•Bahan Ajar Mandiri = Modul = BAJJ •Panduan = Petunjuk = Pedoman, 

•Atlas = Peta 

•Diagram = Poster   

•Brosur = Leaflet = Manual     

 

Bahan Ajar non-Cetak 

1.Internet = Web Based Courses = e-learning 

2.CAI = Pembelajaran Berbantuan Komputer • Slide 

3.Video / TV 

4.Audio / Radio

Buku ajar

Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar
Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001

Bahan ajar vs Buku ajar

BUKU AJAR PENTING DALAM PEMBELAJARAN Karena:

1. Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa

2. Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru

3. Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja

4. Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi

5. Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi

Trilogi Pembelajaran meliputi 3 hal yaitu :
1. Tujuan, 2 Strategi 3. Penilaian

SAdapun syarat minimal terjadinya pembelajaran adalah : Adanya 

- mahasiswa/siswa 

–Materi 

–Guru/Dosen

 Buku ajar bagi guru dan dosen berguna  untuk :

1. Promosi & Kenaikan Pangkat 

2. Mendapatkan insentif 

3. Finansial-Royalti

4. Eksistensi diri

5. Media Ekspresi

6. Branding Personal dan Institusi

7. Penguatan Keilmuan; dll. Eksistensi diri

Guru adalah sebagai agen Aktivitas Pembelajaran

Guru adalah sbg Peneliti dan Pembelajar.

Pengalaman dan Kurikulum sebagai pegangan kita dlm menulis buku ajar.

Guru membuat RPS/Silabus

Desain pembeljaran sbg langkah awal untuk memulai.

semua mata pelajaran yg di desain itu sama dg ouline calon buku kita yang akan menghasilkan buku ajar, modul dan diktat.

Jenis-jenis bahan ajar  diantaranya:

1. BUKU AJAR, 

2. BUKU MODUL, 

3. DIKTAT, 

4. PETUNJUK PRAKTIKUM, 

5. NASKAH TUTORIAL

 

Buku hasil penelitian menghasilkan buku referensi dan monograph

BUKU AJAR VS BUKU TEKS:

Buku Ajar pada umumnya: 

1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.

2. Menjelaskan tujuan pembelajaran. 

3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.

4. Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.

5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.

6. Selalu memberikan rangkuman. 

7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa

8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.

9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.

10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.

 

Buku Teks pada umumnya:

1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.

2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran. 

3. Disusun secara linier. 

4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).

5. Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.

6. Belum tentu ada rangkuman.

7. Materi buku teks sangat   

8. Dikemas untuk dijual secara umum.

9.Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai. 

10.Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.
Sedangkan cara penyusunan bahan ajar adalah

1. PENATAAN INFORMASI (compilation text)
 
2. PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging

3. MENULIS SENDIRI (starting from scratch


Prosedur Kompilasi:

1. Kumpulkan seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam mata pelajaran. 

2. Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain. 

3. Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS. 

4. Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS.

5. Buatlah/tulislah halaman penyekat bahan untuk setiap Bahan Kajian/BAB. 

6. Bahan-bahan yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk setiap Bahan ajar. 

7. Buatlah/tulislah pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa 

Prosedur Pengemasan Kembali Informasi:

Informasi yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPS + RTM), Informasi tersebut lalu ditambahkan
Kemampuan/kompetensi yang akan dicapai. 
Petunjuk belajar bagi mahasiswa

Pertimbangan pemilihan bahan ajar :

Guru merupakan pakar dalam bidangnya

Guru mempunyai kemampuan menulis. 

Guru memahami kebutuhan mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya. 

Guru memiliki kemampuan mendesain pembelajaran. 

Prinsip-prinsip pemilihan bahan ajar: 

1. Prinsip Relevansi

Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir.

2. Prinsip keajegan. 

Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. 

3. Prinsip Kecukupan. 

Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. 

Sistematika buku ajar :
 yaitu:
 BAB 1 Pendahuluan
Penyajian

Penutup

Daftar Pustaka

Senarai (glossary) 

Tinjauan Mata Pelajaran : Prakata  

֍ Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa 

֍ Identitas Mata Kuliah 

֍ Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar 

֍ Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa 

֍ Capaian Pembelajaran Mata kuliah


2. BAB I 

Kemampuan Akhir 

Indikator 

Pendahuluan, terdiri dari: 

֍ Deskripsi singkat berupa gambaran umum 

֍ Relevansi antara bab tersebut dengan pengalaman. 

Penyajian:     

Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenis materi) dan diikuti dengan contoh-contoh. 
 Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi. 
 Tugas dan Latihan yang dilakukan mhs setelah membaca uraian materi. 
Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang dibahas.

Penutup, terdiri dari:   
Penilaian,Umpan balik danTindak lanjut.

Daftar Pustaka:
Senarai, berupa daftar istilah teknis 
Daftar Index (jika diperlukan).

Setelah itu sesi tanya jawab dibuka oleh moderator dan setiap pertanyaan dari peserta segera dijawab dengan jelas oleh narasumber. 
Kegiatan ditutup pukul 21.00
Demikian resume saya kali ini, harapan saya makin menambah cakrawala pengalaman dan keilmuan kita terhadap literasi dan memotivasi untuk selalu dapat berkarya. 
Waalaikumsalam wr. wb
Salam Literasi. 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi Modul 2.3 Mulai dari diri